INFORMASI PEMBELAJARAN KELAS 6 “22 – 26 AGUSTUS 2016”

INFORMASI PEMBELAJARAN KELAS 6

TEMA 3TOKOH dan PENEMUAN

22 – 26 AGUSTUS 2016

 

PEMBELAJARAN TEMATIK

NO HARI BIDANG STUDI TERKAIT MATERI

KET

1. Senin, 22 Agustus 2016 (ST 1 PB 1) ·     Teks Eksplanasi tentang listrik dan simetri (BAHASA INDONESIA)

·     Membandingkan polygon dan mengidentifikasi simetri lipat. (MATEMATIKA)

Sumber Belajar:

ü Worksheet Tema Ourselves

ü Buku tema 3 sub tema 1

ü Teacher Resourches

2. Selasa,23 Agustus 2016 (ST1 PB 2)

IPA dan PKn.

·     Manfaat listrik dan proses  PLTA. (IPA)

·     Hak dan kewajiban di sekolah, rumah, dan masyarakat. (PKN)

 

Sumber Belajar:

ü Worksheet Tema Ourselves

ü Buku tema 3 sub tema 1

ü Teacher Resourches

3. Rabu,24 Agustus  2016 (ST1 PB 3)

IPS, SBdP, dan PJOK.

·     Menjelaskan jasa Goodyear dan Dunlop bagi dunia. (IPS)

·     Menjelaskan lini masa perkembangan komputer. (IPS)

·     Melaporkan pengaruh roda (aspek sosial, ekonomi, pendidikan, budaya) bagi kehidupan masyarakan di lingkungan sekitar. (IPS)

·     Mengenal harmoni dan simbol teks lagu sederhana dan membuat irama (SBdP)

·     Menjelaskan teknik push up yang benar. (PJOK)

Sumber Belajar:

ü Worksheet Tema Ourselves

ü Buku tema 3 sub tema 1

ü Teacher Resourches

4.

 

Kamis, 25 Agustus 2016 (ST2 PB 1)

B. Indonesia dan Matematika

·     Cara kerja dan rangkaian listrik pada lampu lalu lintas menggunakan kosakata baku dan bahasa yang runtut. (B. INDO)

·     Menjelaskan hasil eksplorasi tentang simetri (B. INDO)

·     Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada poligon. (MATEMATIKA)

·     Menyajikan hasil analisis tentang poligon berdasarkan sifat-sifatnya. (MATEMATIKA)

Sumber Belajar:

ü Worksheet Tema Ourselves

ü Buku tema 3 sub tema 2

Teacher Resourches

5. Jum`at, 26 Agustus 2016 (ST2 PB 3)

IPA dan PKN

·         Sikap bijak sana dan akibat krisis energi listrik (IPA)

·         Menegakkan aturan di sekolah, rumah, dan masyarakat (PKN)

 

Sumber Belajar:

ü Worksheet Tema Ourselves

ü Buku tema 3 sub tema 2

Teacher Resourches

 

 

  • Bidang Studi terkait merupakan bidang studi yang dipelajari ananda perhari

No

BIDANG STUDI MATERI

KET

2. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PadB) ü  Menunaikan  kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.

ü  Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Maidah (5): 2

ü  Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Maidah (5): 2

ü  Memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam

ü  Hadits Menejemen waktu

ü  Buku PAdb Hal : 85-99 Teacher Resources
4. Bhs. Jawa ü  Membuat kalimat tanya W5 1H dari informasi yang diperoleh Buku paket bahasa Jawa
5. Bhs. Arab ü  Menyebutkan angka satuan, puluhan, dan angka yang ada dalam bahasa Arab Buku paket bahasa Arab
6. Bhs. Inggris ü  Idol part 1 and part 2 Handout page 10-12
7. TIK ü  Mengenal kontrol arah pada scratch animator  

 

Surabaya, 19 Agustus 2016

Tim Kelas 6

Catatan:

File dapat didownload disini.

INFORMASI PEMBELAJARAN KELAS 4 “22-26 Agustus 2016”

INFORMASI PEMBELAJARAN KELAS 4

Tema 2 “Selalu Berhemat Energi subtema 1 “Sumber Energi” dan sub tema 2 “manfaat energi”

22-26 Agustus 2016

PEMBELAJARAN TEMATIK

NO HARI BIDANG STUDI TERKAIT MATERI

KET

1. Senin,22 Agustus 2016 Bahasa Indonesia, IPA, PJOK •    Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati (BI)

·     Mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari. (IPA)

•    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi (IPA)

·     Menjelaskan prosedur variasi  pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif dalampermainan Ayo Tangkap Bola. (PJOK)

•    Mempraktikan prosedurvariasi pola gerak dasarlokomotor dan manipulatifdalam permainan AyoTangkap Bola. (PJOK)

Sumber Belajar:

ü  Worksheet

ü Buku Tematik Tema 2

ST 1(sumber energi)

PB 3

ü Teacher Resources

2. Selasa,23 Agustus 2016 PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika ·    Menjelaskan dan menceritakan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat. (PPKn)

·    Mengidentifikasi informasidari teks visual yang diamati. (BI)

·    Menuliskan gagasan pokokdari teks visual yang diamati. (BI)

·    Menjelaskan cara melakukanpenaksiran perkalian dan pembagian. (Matematika)

·    Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran perkalian dan pembagian (Matematika)

Sumber Belajar:

ü  Worksheet

ü Buku Tematik Tema 2

ST 1(sumber energi)

PB 4

ü Teacher Resources

3. Rabu,24 Agustus 2016 Matematika, IPS, SBdP ·    Menjelaskan prosedur penaksiran bilangan cacah. (Mat)

·      Menyelesaikan masalah yangterkait dengan penaksiranbilangan cacah (Mat)

·     Menjelaskan dan mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatansumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/kabupatensampai tingkat provinsi. (IPS)

·     Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu Menanam   Jagung. (SBdP)

·      Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi rendah nada (SBdP)

Sumber Belajar:

ü  Worksheet

ü Buku Tematik Tema 2

ST 1(sumber energi)

PB 5

ü Teacher Resources

4. Kamis,25 Agustus 2016 PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK ·  Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari. (PPKn)

·  Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari. (PPKn)

·       Menemukan dan menyajikan gagasan pokokdan gagasan pendukungyang diperoleh dari teksvisual. (BI)

·       Menjelaskan dan mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar. (PJOK)

Sumber Belajar:

ü  Worksheet

ü Buku Tematik Tema 2

ST 1(sumber energi)

PB 6

ü  Teacher Resources

5. Jum’at,26  Agustus 2016 Bahasa Indonesia, IPA, IPS ·     Mempraktikkan teks petunjukyang dibaca. (BI)

• Menyajikan teks petunjukuntuk membuat kipas. (BI)

·       Mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. (IPA)

• Menyajikan laporan hasil .pengamatan tentang berbagai perubahan  bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (IPA)

•  Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya. (IPS)

• Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.(IPS)

Sumber Belajar:

ü  Worksheet

ü Buku Tematik Tema 2

ST 1(manfaat energi)

PB 1

ü  Teacher Resources

 

  • Bidang Studi terkait merupakan bidang studi yang dipelajari ananda perhari

No

BIDANG STUDI MATERI

KET

1. TIK ü  Perangkat keras tambahan pada komputer ü Buku paket TIK

ü Teacher Resources

2. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PadB) ü     review asmaul husna 91-95

ü    mempelajari asmaul husna 96-99

ü Teacher Resources
3. Pramuka ü  Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal, dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat ü Teacher Resources
4. Bhs. Jawa ü  Menuntaskan Wulangan 1, mengerjakangladhi kompetensi 2-9 (bagi siswa yang belum mengerjakan) ü Buku paket bahasa Jawa
5. Bhs. Arab ü  Membaca teks tentang benda-benda di dalam kelas ü Buku Bahasa Arab
6. Bhs. Inggris ü  Pre UAT ü Handout hal 4-7

 

Surabaya, 19 Agustus  2016

                                                                                                                                                                Tim Guru Kelas 4

Catatan:

File dapat didownload disini.

 

INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 5 “22 – 26 Agustus 2016”

INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 5

TEMA 1OURSALVES

MINGGU KE-5

22 – 26 Agustus 2016

 

PEMBELAJARAN TEMATIK
No Hari Bidang studi terkait Materi

Keterangan

1. Senin, 22 Agustus 2016 PKN

BI

MAT

PKN

·       Prilaku anggota masyarakat (gotongroyong, sopan santun)

·       Bentuk kerjasama dirumah sekolah dan masyarakat

BI

·       Peran air dalam kehidupan

·       Narasi tentang peran air dalam kehidupan

MAT

·       Soal cerita tentang persentase harga

Buku tematik tema 2

Worksheet

2. Selasa, 23 Agustus 2016 PKN

BI

MAT

IPS

PKN

·       Bercerita tentang perilaku anggota masyarakat

·       Bentuk kerja sama di rumah, sekolah, masyarakat.

BI

·       Peran air dalam bidang industri

MAT

·       Menentukan bilangan yang tidak diketahui

IPS

·       Pengertian manusia dalam konteks sosial ekonomi, pendidikan

Buku tematik tema 2

Worksheet

3. Rabu, 24 Agustus 2016 BI

IPA

SBDP

PJOK

BI

·       Peran air dalam kegiatan di sekolah

IPA

·       Pentingnya peran air (pesentasi di depan kelas)

SBDP

·       Membuat gambar ilustrasi

PJOK

·       Mengoper bola dalam permainan bola baskrt

Buku tematik tema 2

Worksheet

4. Kamis, 25 PKN

BI

IPS

SBDP

PKN

·       Manfaat pentingnya kerjasama

BI

·       Peran air dalam kehidupan masyarakat

IPS

·       Makna perubahan dalam kehidupan

SBDP

·       Menggambar ilustrasi suasana lingkungan

Buku tematik tema 2

Worksheet

5 Jumat, 26 Agustus 2016 BI

MAT

BI

·       Proses daur air

MAT

·       Kesetaraan menggunakan perkalian

Buku tematik tema 2

Worksheet

 

Setiap siswa membawa :

Buku gambar dan spidol warna

 

Pembelajaran Non Tematik (sesuai jadwal pelajaran di kelas masing-masing)

No BidangStudi Materi

Keterangan

1. TIK Mengaplikasikan fungsi average pada excel Buku Papekt TIK
2. Bahasa Inggris Greeting Handout page 10-11
3. Bahasa Jawa Nulis teks Narasi Buku Paket B.Jawa
4. PADB –       Mengenal makna Asmaul Husnah (al mumiit, al hayy, al qayyum, al ahad)

–       Hafalan asmaul Husnah 1-10

Buku paket PADB

 

5. Pramuka Dinamika kelompok Trisatya dan Dasadharma Teacher Resources
6. Bahasa Arab Addarsu Khomis Buku B. Arab

 

Surabaya, 19 Agustus 2016

Tim guru kelas 5

Catatan:

File dapat didownload disini.

INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 3 “22-26 Agustus 2016”

INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 3

TEMA “OURSELVES PEKAN “5”

22-26 Agustus 2016

 

Pembelajaran Tematik

No Hari Bidang studi Materi

Keterangan

1 Senin

22 Agustus 2016

 

Bahasa Indonesia, SBDP

Matematika

1.     Membaca teks (B. Indonesia)

2.     Mengelompokkan hasil teknologi pangan dan yang bukan teknologi pangan  (B. Indonesia)

3.     Menceritakan surat tanggapan pribadi secara tertulis. (B.Indonesia)

4.     Menulis lambang pecahan biasa (Matematika)

5.     Menggambar benda berdasarkan pecahan biasa yang diketahui. (Matematika)

6.     Menirukan pola motif dekoratif.(SBdP)

Worksheet pekan 5 & buku  tematik tema 2

 

2 Selasa

23 Agustus 2016

 

Bahasa Indonesia,

PPKn,

PJOK, SBDP, Matematika

1.     Mendeskripsikan makanan kesukaan. (PKn)

2.     Mempresentasikan makanan kesukaan. (PKn)

3.     Mencocokkan atribut-atribut yang digunakan dengan aktivitas yang sesuai. (PKn)

4.     Mempraktikkan gerakan lokomotor dalam senam si Buyung.(PJOK)

5.     Membaca teks. (B. Indonesia)

6.     Membuat pola motif dekoratif yang dibuat sendiri. (SBdP)

7.     Mewarnai pola motif dekoratif. (SBdP)

8.     Membuat gambar sesuai dengan nilai pecahan biasa yang senilai. (Matematika)

9.     Menceritakan isi teks dengan membuat gambar. (B. Indonesia)

Worksheet pekan 5 & buku  tematik tema 2

 

3 Rabu

24 Agustus 2016

 

Bahasa Indonesia,

PPKn,

PJOK

1.     Memakai atribut yang sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. (PJOK)

2.     Memerankan teks dialog. (B. Indonesia)

3.     Menjawab pertanyaan berdasarkan teks. (PKn)

Worksheet pekan 5 & buku  tematik tema 2

 

4 Kamis

25 Agustus 2016

 

 

Bahasa Indonesia,

PPKn

Matematika

1.     Menceritakan kembali isi teks. (B. Indonesia)

2.     Membandingkan pecahan. (Matematika)

3.     Mengurutkan pecahan dari yang terbesar/terkecil. (Matematika)

4.     Mempresentasikan data hasil survei. (PPKn)

Worksheet pekan 5 & buku  tematik tema 2

 

5 Jumat

26 Agustus 2016

 

 

 Bahasa Indonesia,

PPKn

Matematika,

 

1.     Menjawab pertanyaan berdasarkan teks (B. Indonesia)

2.     Menyusun surat tanggapan pribadi (B. Indonesia)

3.     Menggambarkan kebiasaan teman (PKn)

4.     Mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya (Matematika)

Worksheet pekan 5 & buku  tematik tema 2

 

 

NO

BIDANG STUDI MATERI

KETERANGAN

1 Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengerjakan evaluasi Bab 1 Buku paket hal 25-30

 

2 Bahasa Inggris A: What are these

B: These are my fingers/legs/knees

 

Teacher Resources

3 Bahasa Arab Pembelajaran 8: At-Tamrinat (Latihan soal) Buku paket hal. 14-17
4 Bahasa  Jawa –        Menjelaskan unsur-unsur cerita

–        Membuat kalimat (gladi kompetensi 11)

Buku paket hal 7

Buku paket hal 15-16

5 PAdB Review materi Bab 1 dan Bab 2 Buku paket PADB hal. 1-18
6 Pramuka Dwi satya Outdoor
7 4 Hafalan Surat Pendek: Al-Lail Teacher Resources
Doa harian: do’a ketika bersin dan sesudah adzan
Hadist: menyayangi ciptaan Allah
Asmaul Husna: 61-65

 

Tim Guru Kelas 3

Catatan:

File dapat didownload disini.