INFORMASI PEMBELAJARAN KELAS 6
TEMA 3 “TOKOH dan PENEMUAN”
22 – 26 AGUSTUS 2016
PEMBELAJARAN TEMATIK
|
NO |
HARI |
BIDANG STUDI TERKAIT |
MATERI |
KET
|
1. |
Senin, 22 Agustus 2016 |
(ST 1 PB 1) |
· Teks Eksplanasi tentang listrik dan simetri (BAHASA INDONESIA)
· Membandingkan polygon dan mengidentifikasi simetri lipat. (MATEMATIKA) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet Tema Ourselves
ü Buku tema 3 sub tema 1
ü Teacher Resourches |
2. |
Selasa,23 Agustus 2016 |
(ST1 PB 2)
IPA dan PKn. |
· Manfaat listrik dan proses PLTA. (IPA)
· Hak dan kewajiban di sekolah, rumah, dan masyarakat. (PKN)
|
Sumber Belajar:
ü Worksheet Tema Ourselves
ü Buku tema 3 sub tema 1
ü Teacher Resourches |
3. |
Rabu,24 Agustus 2016 |
(ST1 PB 3)
IPS, SBdP, dan PJOK. |
· Menjelaskan jasa Goodyear dan Dunlop bagi dunia. (IPS)
· Menjelaskan lini masa perkembangan komputer. (IPS)
· Melaporkan pengaruh roda (aspek sosial, ekonomi, pendidikan, budaya) bagi kehidupan masyarakan di lingkungan sekitar. (IPS)
· Mengenal harmoni dan simbol teks lagu sederhana dan membuat irama (SBdP)
· Menjelaskan teknik push up yang benar. (PJOK) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet Tema Ourselves
ü Buku tema 3 sub tema 1
ü Teacher Resourches |
4.
|
Kamis, 25 Agustus 2016 |
(ST2 PB 1)
B. Indonesia dan Matematika |
· Cara kerja dan rangkaian listrik pada lampu lalu lintas menggunakan kosakata baku dan bahasa yang runtut. (B. INDO)
· Menjelaskan hasil eksplorasi tentang simetri (B. INDO)
· Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada poligon. (MATEMATIKA)
· Menyajikan hasil analisis tentang poligon berdasarkan sifat-sifatnya. (MATEMATIKA) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet Tema Ourselves
ü Buku tema 3 sub tema 2
Teacher Resourches |
5. |
Jum`at, 26 Agustus 2016 |
(ST2 PB 3)
IPA dan PKN |
· Sikap bijak sana dan akibat krisis energi listrik (IPA)
· Menegakkan aturan di sekolah, rumah, dan masyarakat (PKN)
|
Sumber Belajar:
ü Worksheet Tema Ourselves
ü Buku tema 3 sub tema 2
Teacher Resourches |
- Bidang Studi terkait merupakan bidang studi yang dipelajari ananda perhari
No
|
BIDANG STUDI |
MATERI |
KET
|
2. |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PadB) |
ü Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.
ü Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Maidah (5): 2
ü Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Maidah (5): 2
ü Memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
ü Hadits Menejemen waktu |
ü Buku PAdb Hal : 85-99 Teacher Resources |
4. |
Bhs. Jawa |
ü Membuat kalimat tanya W5 1H dari informasi yang diperoleh |
Buku paket bahasa Jawa |
5. |
Bhs. Arab |
ü Menyebutkan angka satuan, puluhan, dan angka yang ada dalam bahasa Arab |
Buku paket bahasa Arab |
6. |
Bhs. Inggris |
ü Idol part 1 and part 2 |
Handout page 10-12 |
7. |
TIK |
ü Mengenal kontrol arah pada scratch animator |
|
Surabaya, 19 Agustus 2016
Tim Kelas 6
Catatan:
File dapat didownload disini.
INFORMASI PEMBELAJARAN KELAS 4
Tema 2 “Selalu Berhemat Energi subtema 1 “Sumber Energi” dan sub tema 2 “manfaat energi”
22-26 Agustus 2016
PEMBELAJARAN TEMATIK
|
NO |
HARI |
BIDANG STUDI TERKAIT |
MATERI |
KET
|
1. |
Senin,22 Agustus 2016 |
Bahasa Indonesia, IPA, PJOK |
• Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati (BI)
· Mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari. (IPA)
• Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi (IPA)
· Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif dalampermainan Ayo Tangkap Bola. (PJOK)
• Mempraktikan prosedurvariasi pola gerak dasarlokomotor dan manipulatifdalam permainan AyoTangkap Bola. (PJOK) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet
ü Buku Tematik Tema 2
ST 1(sumber energi)
PB 3
ü Teacher Resources |
2. |
Selasa,23 Agustus 2016 |
PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika |
· Menjelaskan dan menceritakan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat. (PPKn)
· Mengidentifikasi informasidari teks visual yang diamati. (BI)
· Menuliskan gagasan pokokdari teks visual yang diamati. (BI)
· Menjelaskan cara melakukanpenaksiran perkalian dan pembagian. (Matematika)
· Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran perkalian dan pembagian (Matematika) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet
ü Buku Tematik Tema 2
ST 1(sumber energi)
PB 4
ü Teacher Resources |
3. |
Rabu,24 Agustus 2016 |
Matematika, IPS, SBdP |
· Menjelaskan prosedur penaksiran bilangan cacah. (Mat)
· Menyelesaikan masalah yangterkait dengan penaksiranbilangan cacah (Mat)
· Menjelaskan dan mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatansumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/kabupatensampai tingkat provinsi. (IPS)
· Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu Menanam Jagung. (SBdP)
· Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi rendah nada (SBdP) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet
ü Buku Tematik Tema 2
ST 1(sumber energi)
PB 5
ü Teacher Resources |
4. |
Kamis,25 Agustus 2016 |
PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK |
· Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari. (PPKn)
· Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari. (PPKn)
· Menemukan dan menyajikan gagasan pokokdan gagasan pendukungyang diperoleh dari teksvisual. (BI)
· Menjelaskan dan mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar. (PJOK) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet
ü Buku Tematik Tema 2
ST 1(sumber energi)
PB 6
ü Teacher Resources |
5. |
Jum’at,26 Agustus 2016 |
Bahasa Indonesia, IPA, IPS |
· Mempraktikkan teks petunjukyang dibaca. (BI)
• Menyajikan teks petunjukuntuk membuat kipas. (BI)
· Mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. (IPA)
• Menyajikan laporan hasil .pengamatan tentang berbagai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (IPA)
• Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya. (IPS)
• Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.(IPS) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet
ü Buku Tematik Tema 2
ST 1(manfaat energi)
PB 1
ü Teacher Resources |
- Bidang Studi terkait merupakan bidang studi yang dipelajari ananda perhari
No
|
BIDANG STUDI |
MATERI |
KET
|
1. |
TIK |
ü Perangkat keras tambahan pada komputer |
ü Buku paket TIK
ü Teacher Resources |
2. |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PadB) |
ü review asmaul husna 91-95
ü mempelajari asmaul husna 96-99 |
ü Teacher Resources |
3. |
Pramuka |
ü Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal, dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat |
ü Teacher Resources |
4. |
Bhs. Jawa |
ü Menuntaskan Wulangan 1, mengerjakangladhi kompetensi 2-9 (bagi siswa yang belum mengerjakan) |
ü Buku paket bahasa Jawa |
5. |
Bhs. Arab |
ü Membaca teks tentang benda-benda di dalam kelas |
ü Buku Bahasa Arab |
6. |
Bhs. Inggris |
ü Pre UAT |
ü Handout hal 4-7 |
Surabaya, 19 Agustus 2016
Tim Guru Kelas 4
Catatan:
File dapat didownload disini.
INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 5
TEMA 1 “OURSALVES”
MINGGU KE-5
22 – 26 Agustus 2016
PEMBELAJARAN TEMATIK |
No |
Hari |
Bidang studi terkait |
Materi |
Keterangan
|
1. |
Senin, 22 Agustus 2016 |
PKN
BI
MAT |
PKN
· Prilaku anggota masyarakat (gotongroyong, sopan santun)
· Bentuk kerjasama dirumah sekolah dan masyarakat
BI
· Peran air dalam kehidupan
· Narasi tentang peran air dalam kehidupan
MAT
· Soal cerita tentang persentase harga |
Buku tematik tema 2
Worksheet |
2. |
Selasa, 23 Agustus 2016 |
PKN
BI
MAT
IPS |
PKN
· Bercerita tentang perilaku anggota masyarakat
· Bentuk kerja sama di rumah, sekolah, masyarakat.
BI
· Peran air dalam bidang industri
MAT
· Menentukan bilangan yang tidak diketahui
IPS
· Pengertian manusia dalam konteks sosial ekonomi, pendidikan |
Buku tematik tema 2
Worksheet |
3. |
Rabu, 24 Agustus 2016 |
BI
IPA
SBDP
PJOK |
BI
· Peran air dalam kegiatan di sekolah
IPA
· Pentingnya peran air (pesentasi di depan kelas)
SBDP
· Membuat gambar ilustrasi
PJOK
· Mengoper bola dalam permainan bola baskrt |
Buku tematik tema 2
Worksheet |
4. |
Kamis, 25 |
PKN
BI
IPS
SBDP |
PKN
· Manfaat pentingnya kerjasama
BI
· Peran air dalam kehidupan masyarakat
IPS
· Makna perubahan dalam kehidupan
SBDP
· Menggambar ilustrasi suasana lingkungan |
Buku tematik tema 2
Worksheet |
5 |
Jumat, 26 Agustus 2016 |
BI
MAT |
BI
· Proses daur air
MAT
· Kesetaraan menggunakan perkalian |
Buku tematik tema 2
Worksheet
Setiap siswa membawa :
Buku gambar dan spidol warna |
Pembelajaran Non Tematik (sesuai jadwal pelajaran di kelas masing-masing)
|
No |
BidangStudi |
Materi |
Keterangan
|
1. |
TIK |
Mengaplikasikan fungsi average pada excel |
Buku Papekt TIK |
2. |
Bahasa Inggris |
Greeting |
Handout page 10-11 |
3. |
Bahasa Jawa |
Nulis teks Narasi |
Buku Paket B.Jawa |
4. |
PADB |
– Mengenal makna Asmaul Husnah (al mumiit, al hayy, al qayyum, al ahad)
– Hafalan asmaul Husnah 1-10 |
Buku paket PADB
|
5. |
Pramuka |
Dinamika kelompok Trisatya dan Dasadharma |
Teacher Resources |
6. |
Bahasa Arab |
Addarsu Khomis |
Buku B. Arab |
Surabaya, 19 Agustus 2016
Tim guru kelas 5
Catatan:
File dapat didownload disini.
INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 3
TEMA “OURSELVES” PEKAN “5”
22-26 Agustus 2016
Pembelajaran Tematik
|
No |
Hari |
Bidang studi |
Materi |
Keterangan
|
1 |
Senin
22 Agustus 2016
|
Bahasa Indonesia, SBDP
Matematika |
1. Membaca teks (B. Indonesia)
2. Mengelompokkan hasil teknologi pangan dan yang bukan teknologi pangan (B. Indonesia)
3. Menceritakan surat tanggapan pribadi secara tertulis. (B.Indonesia)
4. Menulis lambang pecahan biasa (Matematika)
5. Menggambar benda berdasarkan pecahan biasa yang diketahui. (Matematika)
6. Menirukan pola motif dekoratif.(SBdP) |
|
Worksheet pekan 5 & buku tematik tema 2
|
2 |
Selasa
23 Agustus 2016
|
Bahasa Indonesia,
PPKn,
PJOK, SBDP, Matematika |
1. Mendeskripsikan makanan kesukaan. (PKn)
2. Mempresentasikan makanan kesukaan. (PKn)
3. Mencocokkan atribut-atribut yang digunakan dengan aktivitas yang sesuai. (PKn)
4. Mempraktikkan gerakan lokomotor dalam senam si Buyung.(PJOK)
5. Membaca teks. (B. Indonesia)
6. Membuat pola motif dekoratif yang dibuat sendiri. (SBdP)
7. Mewarnai pola motif dekoratif. (SBdP)
8. Membuat gambar sesuai dengan nilai pecahan biasa yang senilai. (Matematika)
9. Menceritakan isi teks dengan membuat gambar. (B. Indonesia) |
Worksheet pekan 5 & buku tematik tema 2
|
3 |
Rabu
24 Agustus 2016
|
Bahasa Indonesia,
PPKn,
PJOK |
1. Memakai atribut yang sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. (PJOK)
2. Memerankan teks dialog. (B. Indonesia)
3. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks. (PKn) |
Worksheet pekan 5 & buku tematik tema 2
|
4 |
Kamis
25 Agustus 2016
|
Bahasa Indonesia,
PPKn
Matematika |
1. Menceritakan kembali isi teks. (B. Indonesia)
2. Membandingkan pecahan. (Matematika)
3. Mengurutkan pecahan dari yang terbesar/terkecil. (Matematika)
4. Mempresentasikan data hasil survei. (PPKn) |
Worksheet pekan 5 & buku tematik tema 2
|
5 |
Jumat
26 Agustus 2016
|
Bahasa Indonesia,
PPKn
Matematika,
|
1. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks (B. Indonesia)
2. Menyusun surat tanggapan pribadi (B. Indonesia)
3. Menggambarkan kebiasaan teman (PKn)
4. Mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya (Matematika) |
Worksheet pekan 5 & buku tematik tema 2
|
NO
|
BIDANG STUDI |
MATERI |
KETERANGAN
|
1 |
Teknologi Informasi dan Komunikasi |
Mengerjakan evaluasi Bab 1 |
Buku paket hal 25-30
|
2 |
Bahasa Inggris |
A: What are these
B: These are my fingers/legs/knees |
Teacher Resources |
3 |
Bahasa Arab |
Pembelajaran 8: At-Tamrinat (Latihan soal) |
Buku paket hal. 14-17 |
4 |
Bahasa Jawa |
– Menjelaskan unsur-unsur cerita
– Membuat kalimat (gladi kompetensi 11) |
Buku paket hal 7
Buku paket hal 15-16 |
5 |
PAdB |
Review materi Bab 1 dan Bab 2 |
Buku paket PADB hal. 1-18 |
6 |
Pramuka |
Dwi satya |
Outdoor |
7 |
4 Hafalan |
Surat Pendek: Al-Lail |
Teacher Resources |
Doa harian: do’a ketika bersin dan sesudah adzan |
Hadist: menyayangi ciptaan Allah |
Asmaul Husna: 61-65 |
Tim Guru Kelas 3
Catatan:
File dapat didownload disini.
Mendidik Generasi Bertaqwa & Berprestasi Optimal