INFORMASI PEMBELAJARAN KELAS 4
Tema 2 “Selalu Berhemat Energi subtema 1 “Sumber Energi” dan sub tema 2 “manfaat energi”
22-26 Agustus 2016
PEMBELAJARAN TEMATIK |
||||
NO | HARI | BIDANG STUDI TERKAIT | MATERI |
KET |
1. | Senin,22 Agustus 2016 | Bahasa Indonesia, IPA, PJOK | • Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati (BI)
· Mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari. (IPA) • Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi (IPA) · Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif dalampermainan Ayo Tangkap Bola. (PJOK) • Mempraktikan prosedurvariasi pola gerak dasarlokomotor dan manipulatifdalam permainan AyoTangkap Bola. (PJOK) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet ü Buku Tematik Tema 2 ST 1(sumber energi) PB 3 ü Teacher Resources |
2. | Selasa,23 Agustus 2016 | PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika | · Menjelaskan dan menceritakan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat. (PPKn)
· Mengidentifikasi informasidari teks visual yang diamati. (BI) · Menuliskan gagasan pokokdari teks visual yang diamati. (BI) · Menjelaskan cara melakukanpenaksiran perkalian dan pembagian. (Matematika) · Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran perkalian dan pembagian (Matematika) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet ü Buku Tematik Tema 2 ST 1(sumber energi) PB 4 ü Teacher Resources |
3. | Rabu,24 Agustus 2016 | Matematika, IPS, SBdP | · Menjelaskan prosedur penaksiran bilangan cacah. (Mat)
· Menyelesaikan masalah yangterkait dengan penaksiranbilangan cacah (Mat) · Menjelaskan dan mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatansumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/kabupatensampai tingkat provinsi. (IPS) · Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu Menanam Jagung. (SBdP) · Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi rendah nada (SBdP) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet ü Buku Tematik Tema 2 ST 1(sumber energi) PB 5 ü Teacher Resources |
4. | Kamis,25 Agustus 2016 | PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK | · Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari. (PPKn)
· Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari. (PPKn) · Menemukan dan menyajikan gagasan pokokdan gagasan pendukungyang diperoleh dari teksvisual. (BI) · Menjelaskan dan mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar. (PJOK) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet ü Buku Tematik Tema 2 ST 1(sumber energi) PB 6 ü Teacher Resources |
5. | Jum’at,26 Agustus 2016 | Bahasa Indonesia, IPA, IPS | · Mempraktikkan teks petunjukyang dibaca. (BI)
• Menyajikan teks petunjukuntuk membuat kipas. (BI) · Mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. (IPA) • Menyajikan laporan hasil .pengamatan tentang berbagai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (IPA) • Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya. (IPS) • Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.(IPS) |
Sumber Belajar:
ü Worksheet ü Buku Tematik Tema 2 ST 1(manfaat energi) PB 1 ü Teacher Resources |
- Bidang Studi terkait merupakan bidang studi yang dipelajari ananda perhari
No |
BIDANG STUDI | MATERI |
KET |
1. | TIK | ü Perangkat keras tambahan pada komputer | ü Buku paket TIK
ü Teacher Resources |
2. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PadB) | ü review asmaul husna 91-95
ü mempelajari asmaul husna 96-99 |
ü Teacher Resources |
3. | Pramuka | ü Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal, dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat | ü Teacher Resources |
4. | Bhs. Jawa | ü Menuntaskan Wulangan 1, mengerjakangladhi kompetensi 2-9 (bagi siswa yang belum mengerjakan) | ü Buku paket bahasa Jawa |
5. | Bhs. Arab | ü Membaca teks tentang benda-benda di dalam kelas | ü Buku Bahasa Arab |
6. | Bhs. Inggris | ü Pre UAT | ü Handout hal 4-7 |
Surabaya, 19 Agustus 2016
Tim Guru Kelas 4
Catatan:
File dapat didownload disini.