INFORMASI PEMBELAJARAN KELAS 4
TEMA 2 “SELALU BERHEMAT ENERGI”
SUBTEMA 2 “MANFAAT ENERGI”
5-9 SEPTEMBER 2016
PEMBELAJARAN TEMATIK
|
NO |
HARI |
BIDANG STUDI TERKAIT |
MATERI |
KETERANGAN
|
1. |
Senin, 5 September 2016 |
PPKn, Matematika, SBdP |
· Menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.
· Membuktikan hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai.
· Menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada.
|
Sumber Belajar:
· Worksheet
· Buku Tematik Tema 2 ST 2 (Manfaat Energi) PB 2
· Teacher Resources |
2. |
Selasa, 6 September 2016 |
B.Indonesia, IPA, PJOK |
· Menyajikan teks petunjuk tentang menggunakan listrik yang aman
· Mengidentifikasi manfaat perubahan berbagai bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
· Mempraktikan prosedur variasi pola gerak dasar nonlokomotor dan manipulative dalam permainan Bola Zig- Zag. |
Sumber Belajar:
· Worksheet
· Buku Tematik Tema 2 ST 2 (Manfaat Energi) PB 3 |
3. |
Rabu, 7 September 2016 |
PPKn, B.Indonesia, Matematika |
· Membuat poster tentang pentingnya menghemat energi (melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang)
· Membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dalam bentuk poster
· Menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis bilangan dan gambar |
Sumber Belajar:
· Worksheet
· Buku Tematik Tema 2 ST 2 (Manfaat Energi) PB 4 |
4. |
Kamis, 8 September 2016 |
Matematika, IPS, SBdp |
· Mengurutkan Bilangan Pecahan
· Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
· Menyanyikan notasi lagu ‘Aku Anak Indonesia’ sesuai dengan tinggi rendah nada. |
Sumber Belajar:
· Worksheet
· Buku Tematik Tema 2 ST 2 (Manfaat Energi) PB 5 |
5. |
Jum’at, 9 September 2016 |
PPKn, B.Indonesia, PJOK |
· Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
· Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
· Mempraktikan permainan Bola zig zag |
Sumber Belajar:
· Worksheet
· Buku Tematik Tema 2 ST 2 (Manfaat Energi) PB 6 |
Pembelajaran Non-tematik (Sesuai dengan jadwal pelajaran di masing-masing kelas)
NO
|
BIDANG STUDI |
MATERI |
KETERANGAN
|
1. |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PadB) |
· Mengerti makna Asma’ul Husna: Al-Basir, Al-adl, dan Al-‘azim (review)
· Membaca Asma’ul Husna: Al-Basir, Al-adl, dan Al-‘azim (review)
|
Buku Paket PadB |
2. |
TIK |
Hak Atas Kekayaan Inteletual (HKI) |
· Buku Paket TIK
· Referensi Guru |
3. |
Bahasa Jawa |
Wulangan 2 dan Dialog (pachelaton) |
Buku paket Bahasa Jawa Halaman 18-21 |
4. |
Bahasa Inggris |
Reading Letter I sound i |
· Handout Halaman 8-9
· Teacher Resources |
5. |
Bahasa Arab |
Melafalkan kosa kata tentang Makhluk Hidup dan Lingkungan dengan benar |
Buku B.Arab halaman 17-18 |
6. |
Pramuka |
Praktik Simpul Mati, Jangkar dan Pangkal pada Tongkat |
Teacher Resources |
Surabaya, 3 September 2016
Tim Guru Kelas 4
File dapat didownload disini.
INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 1
TEMA ENVIRONMENT
5-9 September 2016
Pembelajaran Tematik
|
NO |
HARI |
MATERI |
KETERANGAN
|
1 |
Senin
5 September 2016 |
· Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah (PPKn)
· Bermain bersama adik di rumah (PPKn)
· Ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat (BI)
· Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat (BI)
· Membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari (SBDP)
· Memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari (SBDP) |
§ Worksheet Environment
§ Teacher resources
– |
2 |
Selasa
6 September 2016 |
· Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat (BI)
· Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat(BI)
· Prosedur gerakan badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (PJOK)
· Mempraktikkan prosedur gerakan tanpa berpindah tempat sesuai dengan bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (PJOK) |
§ Worksheet Environment
§ Teacher resources |
3 |
Rabu
7 September 2016 |
· Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah (PPKn)
· Membantu adik di rumah (PPKn)
· Ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat (BI)
· Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat (BI)
· Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 1-10) (MAT)
· Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan (MAT) |
§ Worksheet Environment
§ Teacher resources |
4 |
Kamis
8 September 2016 |
· Ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat (BI)
· Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat (BI)
· Membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari (SBDP)
· Memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari (SBDP)
· Prosedur gerakan badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (PJOK)
· Mempraktikkan prosedur gerakan tanpa berpindah tempat sesuai dengan bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (PJOK) |
§ Worksheet Environment
§ Teacher resources |
5 |
Jum’at
9 September 2016 |
· Hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah (PPKn)
· Berbagi dengan adik di rumah (PPKn)
· Ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat (BI)
· Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat (BI)
· Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 1-10) (MAT)
· Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan (MAT) |
§ Worksheet Environment
§ Teacher resources |
*bidang studi terkait merupakan bidang studi yang dipelajari ananda per hari. Pembelajaran Non Tematik (sesuai jadwal pelajaran di kelas masing-masing)
NO |
BIDANG STUDI |
MATERI |
KETERANGAN
|
1 |
TIK |
Mengenal perangkat kerat komputer dan fungsinya |
Buku paket halaman 24-27 |
2 |
Bahasa Inggris |
Review “Family”
A: Who’s she?
B: She’s my sister |
Handout bahasa Inggris |
3 |
Bahasa Jawa |
Maca cetha (membaca nyaring) |
Buku paket bahasa Jawa hal 24-27 |
4 |
Bahasa Arab |
· Istima’ “Amaali” : kegiatanku
|
Buku paket bahasa arab hal 19 |
5 |
Pendidikan Agama dan Budi pekerti |
· Cinta Al-Qur’an ( membaca, menghafal dan memahami isi surat Al- Fatihah)
· QS. Al-Lahab
· Hadits “Kebersihan”
· Do’a sebelum dan bangun tidur
· Asmaul Husna 6-10 |
§ Teacher resources
§ Buku PADB hal 19-27 |
6 |
Pramuka |
Siaga menjaga kebersihan lingkungan kelas dan sekolah |
Teacher resources
|
Tim Guru Kelas 1
File dapat didownload disini.
INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 3
TEMA “ENVIRONMENT” PEKAN “1”
5 – 9 September 2016
Pembelajaran Tematik
|
No |
Hari |
Bidang studi |
Materi |
Keterangan
|
1 |
Senin
5 September 2016
|
Bahasa Indonesia, SBDP,
Matematika |
1. Membaca dengan suara lantang (B. Indonesia)
2. Membuat kalimat (B. Indonesia)
3. Menceritakan pengalaman mengirim/ menerima surat (Bahasa Indonesia)
4. Mengubah pecahan ke bilangan desimal (Matematika)
5. Menirukan pola motif dekoratif (SBdP) |
|
Worksheet pekan 1 & buku tematik tema 2
|
2 |
Selasa
6 September 2016
|
Bahasa Indonesia,
PPKn,
Matematika,
SBdP,
PJOK |
1. Membaca teks surat (Bahasa Indonesia)
2. Menulis telegram (Bahasa Indonesia)
3. Mengenal hak warga di rumah (PPKn)
4. Mempraktikkan permainan telegram-telegraf (PJOK)
5. Menentukan gagasan pokok teks (Bahasa Indonesia)
6. Membuat motif hias dekoratif pada gambar (SBdP)
7. Mewarnai motif hias dekoratif (SBdP)
8. Memasangkan bilangan pecahan biasa dengan bilangan desimal (Matematika)
9. Mewarnai gambar sesuai bilangan pecahan biasa dan desimalnya (SBdP) |
Worksheet pekan 1 & buku tematik tema 2
|
3 |
Rabu
7 September 2016
|
Bahasa Indonesia,
PPkn,
PJOK |
1. Membuat pesan pendek (Bahasa Indonesia)
2. Menulis kegiatan-kegiatan di rumah yang ada pada gambar (Bahasa Indonesia)
3. Membedakan kegiatan di rumah yang termasuk hak dan kewajiban (PPKn)
4. Mempraktikkan permainan pesan berantai (PJOK) |
Worksheet pekan 1 & buku tematik tema 2
|
4 |
Kamis
8 September 2016
|
Bahasa Indonesia,
PPKn,
Matematika |
1. Membedakan kegiatan di sekolah yang termasuk hak dan kewajiban (PPKn)
2. Membaca teks (Bahasa Indonesia)
3. Membuat pertanyaan berdasarkan teks bacaan (Bahasa Indonesia)
4. Mengamati teks surat (Bahasa Indonesia)
5. Membuat kartu pos (Bahasa Indonesia)
6. Membandingkan pecahan (Matematika) |
Worksheet pekan 1 & buku tematik tema 2
|
5 |
Jumat
9 September 2016
|
Bahasa Indonesia,
PPKn,
Matematika |
1. Menjawab pertanyaan teks (Bahasa Indonesia)
2. Menentukan gagasan pokok teks (Bahasa Indonesia)
3. Menuliskan kewajiban siswa (PPKn)
4. Menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut sama (Matematika) |
Worksheet pekan 1 & buku tematik tema 2
|
NO
|
BIDANG STUDI |
MATERI |
KETERANGAN
|
1 |
Teknologi Informasi dan Komunikasi |
Memahami ikon penyalin gambar pada perangkat lunak paint dan corel draw |
Buku paket hal 32-44
|
2 |
Bahasa Inggris |
A: Are these your hands/ arms/ shoulders/ fingers/ elbows/ legs/ knees?
B: Yes these are/ no these aren’t |
Teacher Resources |
3 |
Bahasa Arab |
Al Istima’ dan Qira’ah : Menyebutkan dan membaca teks tentang hewan |
Buku paket hal. 20-21 |
4 |
Bahasa Jawa |
Maca teks crita & gladhi kompetensi wulangan 1 |
Gladhi basa jawa 16-20 |
5 |
PAdB |
Bab 3 Hadist tentang Perilaku Mandiri, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab |
Buku paket hal. 19-29 |
6 |
Pramuka |
Dwi Darma |
Outdoor |
7 |
4 Hafalan |
Surat Pendek: As-Syams |
Teacher Resources |
Doa harian: Melihat kejadian yang tidak disukai |
Hadist: Menjauhi Perkara Dusta |
Asmaul Husna: 66-70 |
Tim Guru Kelas 3
File dapat didownload disini.
INFORMASI PEMBELAJARAN MINGGUAN KELAS 2
TEMA ENVIRONMENT
5-9 September 2016
Pembelajaran Tematik
|
NO |
HARI |
BIDANG STUDI TERKAIT |
MATERI |
KETERANGAN
|
1 |
Senin,
5 September 2016 |
PKn, Bahasa Indonesia, Matematika,SBDP |
· sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman (PKn)
· perilaku rukun dengan teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (PKn)
· cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah teman (BI)
· penulisan EYD (BI)
· kalimat perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama (matematika)
· karya kreatif penghias benda dengan menggunakan bahan alam (SBDP) |
§ Worksheet Environment Sub Tema Bersatu dalam Keberagaman (pekan ke 1 PB 1)
§ Buku siswa tematik (Bermain di Lingkunganku)
§ Teacher resources |
2 |
Selasa
6 September 2016 |
PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK |
· bentuk kegiatan bersama teman dalam keberagaman kegemaran/ hobi (PKn)
· Kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin (PKn)
· cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah teman (BI)
· penulisan EYD (BI)
· kalimat perkalian dari susunan benda yang diatur menurut baris dan kolom (matematika)
· pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana (PJOK) |
§ Worksheet Environment Sub Tema Bersatu dalam Keberagaman (pekan ke 1 PB 2)
§ Buku siswa tematik (Bermain di Lingkunganku)
§ Teacher resources
|
3 |
Rabu
7 September 2016 |
BI, matematika, SBDP |
aktivitas bermain di lingkungan sekitar (BI)
cerita narasi
perkalian yang mungkin jika hasil kali ditentukan
bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif |
§ Worksheet Environment Sub Tema Bersatu dalam Keberagaman (pekan ke 1 PB 3)
§ Buku siswa tematik (Bermain di Lingkunganku)
§ Teacher resources |
4 |
Kamis
8 September 2016 |
PKn, Bahasa Indonesia, SBDP |
· Bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman (PKn)
· cerita narasi (BI)
· karya kerajinan berbahan daun (SBDP)
|
§ Worksheet Environment Sub Tema Bersatu dalam Keberagaman (pekan ke 1 PB 4)
§ Buku siswa tematik (Bermain di Lingkunganku)
§ Teacher resources |
5 |
Jumat
9 September 2016 |
PKn, Bahasa Indonesia, matematika, SBDP |
· bentuk kegiatan bersama teman (PKn)
· urutan aktivitas dengan topik tertentu (BI)
· hasil kali dua bilangan satu angka (matematika)
· taksiran hasil perkalian 2 bilangan (2 angka dan 1 angka kurang dari 5) ke satuan terdekat (matematika)
· karya kerajinan menggunakan bahan alam (SBDP) |
§ Worksheet Environment Sub Tema Bersatu dalam Keberagaman (pekan ke 1 PB 5)
§ Buku siswa tematik (Bermain di Lingkunganku)
§ Teacher resources |
MATERI NON TEMATIK
NO |
BIDANG STUDI |
MATERI |
KETERANGAN
|
1 |
TIK |
Menggambar di program corel draw |
Teacher Resources |
2 |
Bahasa Inggris |
Family
– Whos she? Shes my grandma/sister
– Is she your gradma?sister? Yes, she is/no, shes not |
Handout Bahasa Inggris, teacher resources |
3 |
Bahasa Jawa |
· Mangerteni teks pachelaton |
Buku paket bahasa Jawa hal 20-23 |
4 |
PAdB |
· Surat Az Zalzalah dan preview Al Bayyinah
· Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Suci
· Asmaul Husna 36-40 |
Buku paket PAdB, file asmaul husna, Teacher Resources |
5 |
Bahasa Arab |
· Ad-Darsur wahid wa tsani: Al-Istima wal qiroah al asma fil madrosati |
Buku belajar bahasa arab hal 18-19 |
Tim Guru Kelas 2
File dapat didownload disini.
Mendidik Generasi Bertaqwa & Berprestasi Optimal