SEKOLAH KU SEKOLAH ADIWIYATA YANG PEDULI LINGKUNGAN

SD Islam Terpadu At Taqwa Surabaya merupakan sekolah yang selalu mengutamakan kebersihan di lingkungan sekolah dan berbudaya lingkungan yang sehat. Salah satu tujuannya agar para siswa dan warga sekolah bisa merasakan kenyaman ketika belajar dan bekerja ,tetapi menjaga kebersihan saja tanpa memanfaatkan lingkungan di sekitar sekolah tidaklah cukup. Pada akhir November 2017 SDIT At-Taqwa menerima informasi dan surat dari Dinas Lingkungan Hidup Surabaya untuk dapat mengikuti lomba adiwiyata sekolah tingkat kota Surabaya. Pengertian sekolah Adiwiyata itu sendiri adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dimana program adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang diselenggarkan oleh menteri lingkungan hidup dan menteri pendidikan (Permen No. 05 tahun 2013).

Tujuan program adiwiyata ini adalah menciptakan kondisi yang ideal bagi sekolah sebagai tempat pembelajaran warga sekolah, guru, siswa dan karyawan sehingga nantinya sekolah tersebut dapat bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan. Di samping itu, program ini juga mengembangkan norma dasar, antara lain : kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian lingkungan hidup. Sehubungan dengan itu prinsip utama dari program Adiwiyata adalah (1) partisipatif, artinya setiap kegiatan harus melibatkan seluruh warga sekolah mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi sesuai tugas dan tanggung jawab masing- masing: dan (2) berkelanjutan, artinya seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus.

Sebagai program sekolah menuju sekolah Adiwiyata , Tim Adiwiyata SDIT At- Taqwa memiliki Agenda salah satunya adalah melaksanakan pembiasaan-pembiasaan seperti

  • Mengajak semua warga sekolah untuk membuang dan memisahkan sampah basah dan kering pada tempatnya.
  • Mengajak semua warga sekolah untuk selalu hemat air, atk dan energi yang dilengkapi dengan jadwal piket,tatib,slogan dan himbauan.
  • Mengajak siswa untuk menghargai dan menjaga keberadaan tanaman lingkungan sekitar.
  • Mengajak siswa untuk memiliki kebiasaan merapikan barang milik pribadi seperti menata sepatu dan sandal di rak kelas yang bertujuan untuk menciptakan keindahan di lingkungan sekolah.

Adhiwiyata 1 Adhiwiyata 2 Adhiwiyata 3

  • Mengajak siswa menanam bibit sayur dan tumbuhan lainya serta merawatnya.

Adhiwiyata 4 Adhiwiyata 5 Adhiwiyata 6

  • Mengadakan lomba kebersihan dan kerapian kelas.
  • Mencuci tangan memakai sabun dan berdoa sebelum makan pada jam istirahat.

Adhiwiyata 7 Adhiwiyata 8

  • Mengoptimalkan saran dan prasarana sekolah yaitu Pembenahan taman, dan penambahan jumlah tanaman yang dapat dimanfaatkan seperti tanaman toga salah satunya sereh yang nantinya dapat di jadikan icon sekolah yaitu minuman sereh pada lomba adiwiyata dan perawatan pohon peneduh di lingkungan sekitar sekolah.

Adhiwiyata 9 Adhiwiyata 10 Adhiwiyata 11

  • Penambahan jumlah sarana Adiwiyata dengan berbagai kelengkapan pendukung pembelajaran seperti: Bank sampah ,Toga, biopori dan lain sebagainya.
  • Memanfaatkan berbagai bahan alam sebagai media belajar siswa seperti kulit telur, biji-bijian dan sampah daun-daunan yang terdapat di lingkungan sekolah.semua kegiatan yang berhubungan dengan PLH terintegrasi dalam kegiatan belajar siswa dikelas dilengkapi dengan RPP,foto dan penilaian guru.

Adhiwiyata 12 Adhiwiyata 13 Adhiwiyata 14 Adhiwiyata 15

  • Membuat karya dari barang bekas yang dapat mencemari lingkungan, barang tersebut dapat dimanfaatkan sebagai karya, salah satu contohnya seperti karya tiga dimensi dari koran dan kardus bekas yang dapat menumpuk di sampah jika tidak dimanfaatkan.

Adhiwiyata 16 Adhiwiyata 17

  • Dan banyak lagi pembiasaan serta inovasi lainnya sebagai pendukung pada lomba adiwiyata serta menjadikan SDIT At-Taqwa sekolah yang berbudaya lingkungan hidup yang sehat dan nyaman.

Menuju sekolah Adiwiyata tidak akan terlaksana tanpa adanya kerjasama semua pihak. Untuk itu diperlukan kesadaran kita semua yaitu Semua Warga SDIT At-Taqwa, baik Guru, karyawan dan para siswa harus sadar akan lingkungan sekitar dan tanggung jawab untuk mewujudkan sekolah kita menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan. Menjadi sekolah yang bersih,sehat, indah dan nyaman. Dengan adanya pembiasaan dan kerja sama semua warga sekolah di SDIT At-Taqwa MAMPU dan BERHASIL menjadi JUARA TERBAIK KE DUA KOTA SURABAYA.

Adhiwiyata 18Adhiwiyata 19

Semoga dengan sekolah yang nyaman, bersih, peduli lingkungan, maka suasana belajar diharapkan akan menjadi lebih baik, menghasilkan ilmuwan-ilmuwan yang taqwa, aktif, kreatif, inovatif dan komunikatif (AKIK) dan mampu mengikuti lomba adiwiyata selanjutnya di TINGKAT PROVINSI. Amin…

By: Pratiwi Septi kurniawati

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.